Skip to main content

Antisipasi Bencana, Gladi Posko I Kodim 0728/Wonogiri Resmi Dibuka



Wonogiri – Guna menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim, dengan unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait dalam wadah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Korem 074/Warastratama menggelar Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri dengan tema " Melaksanakan Operasi Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Di Wilayahnya Dalam Rangka Membantu Penanggulangan Terjadinya Bencana Alam Tanah Longsor ", Senin(22/6).

Dalam sambutannya, Danrem 074/Warastratama Berigjen TNI Rafael Granada Baay melalui Kepala Staf Korem Letkol Inf Yudi Purwanto menyampaikan, Latihan Posko I Kodim 0728/Wonogiri yang kita laksanakan ini, merupakan program kerja Korem 074/Warastratama TA. 2020, khususnya dibidang latihan guna menguji kinerja serta kemampuan Komandan dan Staf dalam menjalankan tugas pokok melalui mekanisme prosedur hubungan Komandan dan Staf.

Selain itu juga untuk menguji kemampuan dalam menjalankan koordinasi di tingkat Kodim, dengan unsur Pemerintah Daerah dan Polri serta instansi terkait dalam wadah BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), mengantisipasi berbagai dinamika permasalahan bencana alam yang berkembang dalam masyarakat di wilayah Wonogiri dan Eks Karesidenan Surakarta pada umumnya.


Persoalan-persoalan dalam latihan posko ini tidak terlepas dari tugas pokok Kowil. Persoalan dan materi yang disampaikan oleh Wasdal harus dapat dipahami dengan baik, diperanggapkan sebagai peristiwa yang benar-benar terjadi, kemudian dicari langkah yang tepat untuk mengatasi persoalan yang dilemparkan tersebut dengan memberdayakan semua alat peralatan dan fasillas yang dimiliki.

Oleh karenanya, saya minta latihan posko benar-benar dilaksanakan dengan serius, sunguh-sungguh dan bertanggung jawab, disertai harapan semoga setelah mengikuti latihan posko ini setiap peserta memiliki kemampuan dan kepekaan yang lebih terhadap setiap jenis bencana yang mungkin terjadi.

Disela-sela latihan, Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Imron Masyhadi,SE.,  mengatakan bahwa "Gladi posko dilakukan untuk meningkatkan hubungan komandan dan staf dalam merencanakan operasi bantuan penanggulangan bencana alam khususnya tanah longsor, mengingat geografis wilayah Kabupaten Wonogiri yang rawan longsor," terang Dandim. (Pendim 0728/Wng).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->