Skip to main content

Babinsa Koramil Ceper Lakukan Pendampingan Tracking

Babinsa Koramil Ceper Lakukan Pendampingan Tracking

 


Klaten - Koramil 23/Ceper Kodim 0723/Klaten Serka Gunanto bersama Babinkamtibmas Aiptu Dwi Kuswanto melaksanakan pengawalan dan pendampingan tim kesehatan Puskesmas Ceper Dr. Ariani Mardiastuti dalam melaksanakan tracking terhadap warga yang pernah kontak erat dengan pasien terkonfirmasi Covid 19 di Dukuh Sumberlor Rt 01/08 Desa Jombor, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Selasa (01/06/21).

 

Pada kesempatan ini Babinsa Serka Gunanto menyampaikan bahwa tracking ini sangat penting untuk dilaksanakan guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid-19, selain itu tracking ini untuk menelusuri kontak antara pasien yang positif Covid-19 dengan orang yang berada di dekatnya.

 

Proses Tracking ini juga sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana penyebaran Covid-19 di lingkungan tersebut, sehingga bisa dilakukan upaya-upaya lebih lanjut.

 

Selain pengawalan dan pendampingan, Babinsa juga menyampaikan himbauan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang protokol kesehatan antara lain memakai masker yang tepat dan benar, mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir serta menjaga jarak antar perorangan untuk memutus penularan Covid-19 di masyarakat.

 

Dr. Ariani Mardiastuti juga menjelaskan tracking adalah serangkaian proses pemeriksaan yang dilakukan Tim kesehatan yang mempunyai fungsi diantaranya untuk mengidentifikasi riwayat aktivitas pasien yang terkonfirmasi, setelah didapatkan informasi mengenai waktu, tempat, dan orang, langkah selanjutnya yakni membagikan data tersebut kepada pihak-pihak yang berkepentingan  dan memberikan rekomendasi berupa isolasi diri terhadap orang-orang yang kemungkinan tertular Covid- 19.

 

Lebih jauh dia mengatakan tracking mempunyai fungsi diantaranya mengidentifikasi aktivitas, memberikan informasi yang akurat dan memberikan rekomendasi untuk isolasi diri apabila terpapar. (Red)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->