Skip to main content

Kodim Klaten Teguhkan Toleransi Cegah Radikalisme dan Separatisme

Kodim Klaten Teguhkan Toleransi Cegah Radikalisme dan Separatisme

 


Klaten - Telah berlangsung pembinaan komsos cegah tangkal radikalisme / separatisme Kodim 0723 / Klaten TA. 2021 dengan tema " Meneguhkan Toleransi Mencegah Radikalisme / Separatisme " di aula Makodim 0723 Klaten Jl Pemuda no 08 Klaten, Selasa (22/06/21)

 

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Letkol Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P Komandan Kodim 0723/Klaten, Kapten Inf Jatmiko Danramil 10/ Gantiwarno, I Wayan S FKUB Kabupaten Klaten, Etik P Kasi Disdagkop Kabupaten Klaten, Tukiman Senkom Kab. Klaten, Antok Susanto Ketua PPM Kab. Klaten dan Carlos Daniel Mahasiswa Unwidha.

 

Pada kesempatan tersebut Letkol Inf Joni Eko Prasetyo S.I.P menyampaikan bahwa situasi Pandemik Covid-19 di Wilayah Kabupaten Klaten secara umum sudah masuk dalam zona merah.

 

Dandim berharap masyarakat ikut serta dalam mencegah penyebaran virus Covid-19 ini dengan cara mengurangin kegiatan yang sifatnya tidak perlu Kemudian menjalankan 5 M.

 

"  Vaksi yang di suntikkan dibadan kita tidak bisa terbentuk sepenuhnya untuk menangkal virus tersebut apa bila asupan gizi kita kurang yang perlu di perbaiki adalah perbaiki asupan gizi, vitamin di tubuh kita istirahat yang cukup, " kata Dandim.

 

Dandim juga menegaskan bahwa ekomonomi dan radikalis sangat berkaitan karena apabila ekomonomi Pemerintah, masyarakat lemah maka radikalisme akan muncul di lingkup masyarakat, untuk itu harus meneguhkan toleransi untuk mencegah radikalisme dan separatism.

 

Sementara menurut Kapten Inf Jatmiko selaku pemberi materi, mngungkapkan bahwa kelompok Radikalisme atau Separatisme yang perlu di waspadai di Indonesia yang sangat terkenal di masyarakat adalah PKI, DITII Pemberontakan Kartosuwiryo harus selalu waspadai jangan sampai terjadi lagi Indonesia.

 

Pancasila sebagai tonggak Meningkatkan Patriotisme dan wawasan kebangsaan Patriotisme sikap yang berani pantang menyerah dan rela berkorban demi bangsa dan negara, di pasal 30 UUD 1945 berbunyi tiap-tiap warga negara wajib dan Ikut serta dalam usaha pembelaan negara.

 

"  Nilai-Nilai yang terkandung dalam Pancasila Nilai Ketuhanan, Nilai kemanusiaan, Nilai Persatuan, nilai kerakyatan, dan nilai keadilan, " kata Kapten Jatmiko

 

Tugas Pokok TNI mempertahankan keutuhan wilaih NKR yang berdasarkan pancasha dan UUD 1945, serta melindungi segenap bangsa dan selurum tumpam dara indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsas negara.

 

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Kodim 0723/klaten dalam rangka menjalin silahturahmi dan memupuk jiwa patriotisme seluruh komponen masyarakat di tengah pandemik Covid 19. (Red)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->