Skip to main content

Babinsa Manisrenggo Hadiri Pembinaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Babinsa Manisrenggo Hadiri Pembinaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

 


Klaten - Babinsa Koramil 12/Manisrenggo Serka Mujiyono hadiri kegiatan Verifikasi Desa STBM ( Sanitas Total Berbasis Masyarakat ) di Aula Desa Kecemen Kec.Manisrenggo.Selasa 19/10/2021.

 

Serka Mujiyono mengungkapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku higiene dan sanitasi melalui pemberdayaan masyarakat dengan metode pemicuan. STBM menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat sejak lahirnya.

 

Dalam Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat memiliki 6 (enam) strategi nasional, yaitu Penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), Peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation). Peningkatan penyediaan sanitasi (supply improvement, Pengelolaan pengetahuan (knowledge management), Pembiayaan, Pemantauan dan evaluasi.

 

Sumarno selaku wakil dari kecamatan manisrenggo menambahkan, kegiatan Verifikasi STBM ( Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dan Pemicuan adalah cara untuk mendorong perubahan perilaku higiene dan sanitasi individu, serta masyarakat atas kesadaran sendiri dengan pola pikir, perilaku dan kebiasaan individu atau masyarakat terutama di Desa Kecemen, sehingga tercapai Desa Stop BABS (Stop Buang Air Besar Sembarangan) dan dapat mewujudkan masyarakat yang sehat.

 

Dalam kegiatan di hadiri, Camat Manisrenggo atau yang di wakili oleh  Sumarno, Kepala Puskesmas Manisrenggo, Babinsa dan Kades Kecemen. (Red)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->