Skip to main content

Kodim Sragen - Hadapi Potensi Bencana alam, Pemkab Sragen, Kodim dan Polres apel gelar pasukan siaga bencana

Hadapi Potensi Bencana alam, Pemkab Sragen, Kodim dan Polres apel gelar pasukan siaga bencana



Untuk menghadapi potensi ancaman bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi di wilayah Kabupaten Sragen, hari ini, Pemkab bersama Kodim 0725/Sragen dan Polres melaksanakan Apel Siaga Gelar Pasukan dan Peralatan Penanggulangan Bencana Kabupaten Sragen Tahun 2021, di Alun alun Sasono Langen Putro. Apel dipimpin Bupati Sragen Dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati. Jum'at 19/11/2021.

Dalam Amanatnya Bupati mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari badan meteorologi klimatologi dan geofisika (BMKG) dan beberapa peringatan dini dari BNPB semua menyatakan bahwa cuaca ekstrim atau hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang dan petir akan terjadi di seluruh wilayah jawa tengah pada bulan november tahun 2021 hingga februari tahun 2022. Hal tersebut dapat menimbulkan potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang di kabupaten sragen. Oleh karena itu, perlu melakukan berbagai persiapan sebagai langkah antisipasi jika bencana itu sewaktu-waktu terjadi di kabupaten sragen.

"Apel kesiapsiagaan ini merupakan bentuk respon pemerintah dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu. Hal ini penting untuk dilakukan, karena bencana merupakan urusan kita bersama. Dengan langkah persiapan yang matang pemkab sragen dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara - cepat sehingga dampak bencana yang timbul dapat kita minimalisir"

"Kami atas nama pemerintah kabupaten sragen mengajak kepada seluruh unsur yang terkait dalam kesiapsiagaan bencana, untuk selalu bersama-sama dan bergotong-royong, berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif dalam upaya penanggulangan bencana"

"Selain itu, kami juga mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan prinsip "kenali ancamannya dan kurangi risikonya" agar kita semua mengerti dan memahami tanda-tanda alam apabila akan terjadi bencana sehingga kita semua selamat dari ancaman bencana. Demikian beberapa hal yang kami sampaikan, mudah-mudahan tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan kesehatan, bimbingan dan petunjuk kepada kita semua demi menjaga kabupaten sragen yang kita cintai tetap aman dari bencana" papar Bupati Sragen.

Hadir dalam kegiatan tersebut, dr. Hj. Kusdinar Untung Yuni Sukowati (Bupati Sragen), H. Suroto (Wakil Bupati Sragen), Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.IP (Dandim 0725/Sragen), AKBP Yuswanto Ardi, SH.,S.IK.,M.Si (Kapolres Sragen), Sinyo Redy Beni Ratag, SH.,MH (Kepala Kejaksaan Negeri Kab.Sragen), Suparno, SH (Ketua DPRD Sragen ), Kapten Cpm Hadi Cahyono (Dansubdenpom IV/4-1 Sragen), Lettu Inf Emanuel Simanjuntak ( Kakorum Yonif R.408/Sbh), Lanjarto.M.Ag  ( Ketua Pengadilan Agama Kab. Sragen), Drs.Tatag Prabawanto B, MM (Sekda Kab.Sragen), Badankesbangpol,Satpol PP, Dishub, Dinsos, Kominfo dan Para Muspika se Kab. Sragen.

Selain memeriksa peserta gelar pasukan, dalam apel tersebut, Bupati bersama Forkopimda mengecek hampir seluruh peralatan yang akan digunakan dalam penanggulangan bencana alam. Adapun susunan apel 1 SST Yonif R.408/Sbh, 1 SSR Kodim 0725/Sragen, 1 SST Polres Sragen, 1 SST Satpol PP Sragen, 1 SST Damkar Sragen, 1 SST Dishub dan Dinsos Sragen dan 1 SST Relawan dan PMI.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->