Skip to main content

Kodim Sragen - Tes Kesegaran Jasmani Prajurit Kodim 0725/Sragen Tetap Digelar Saat Pandemi Covid-19

Tes Kesegaran Jasmani Prajurit Kodim 0725/Sragen Tetap Digelar Saat Pandemi Covid-19



Di tengah merebaknya pandemi Covid-19, Prajurit Kodim 0725/Sragen tetap melaksanakan Tes Kesegaran Jasmani untuk mengetahui hasil dan sebagai bahan evaluasi bagi Pimpinan sejauh mana pembinaan fisik selama ini dilakukan oleh  prajurit. Kegiatan Tes Garjas periodik periode kedua tahun 2021 ini dilakukan prajurit Kodim Sragen selama 2 hari, mulai Senin (01/11/2021) dan Selasa (02/11/2021) di Makoyonif R 408/Sbh.

Sebelum kegiatan Garjas, diawali dengan pengecekan personil dilanjutkan pemeriksaan tahap awal kesehatan untuk mengukur tensi dan denyut nadi. Tes kesehatan dilakukan pihak Klinik Kartika Pratama 25 Sragen.

Pelaksanaan Tes Garjas diawasi oleh Tim Jasrem Serma Slamet didampingi Serma Budi Sumarsono dengan tetap mempedomani protokol kesehatan yang sudah ditetapkan WHO, seperti cek suhu tubuh, cek tekanan darah, menggunakan masker dan pembatasan peserta dalam setiap gelombang tetap menjaga jarak. Tes Garjas ini selain diambil nilai Kesegaran A pada bidang lari setiap prajurit harus melaksanakan lari selama 12 menit, sedangkan Garjas B berupa Pull Up, Sit Up, Push Up, Lunges dan Shuttle Run.

Komandan Kodim 0725/Sragen Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.I.P melalui Pasiop Kodim 0725/Sragen Kapten Inf Wariyo mengatakan kegiatan Tes Kesegaran Jasmani ini merupakan Program Komando Atas yang harus dilaksanakan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala serta bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan tugas prajurit sehari-hari dihadapkan dengan keadaan pandemi covid-19 saat ini dan ini salah satu cara berolahraga sehingga imun kita naik dan badan kita menjadi sehat.

"Untuk diketahui kegiatan Samapta meliputi tes kesegaran A lari dengan menempuh waktu selama 12 menit, tes kesegaran B yang meliputi pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run serta tes renang ketangkasan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan," ungkap Pasiops.

Menurut Pasiops, kegiatan ini dilakukan juga sebagai bentuk menjaga kebugaran serta untuk menjaga imunitas tubuh setiap prajurit. "Dengan terjadinya wabah pandemi Covid-19 ini, tidak menjadikan kami prajurit-prajurit Kodim 0725/Sragen larut dalam keprihatinan dan larut dalam ketiadaan kegiatan satuan. Namun, hal ini untuk menjadikan kita tetap semangat melakukan kegiatan satuan mendukung tugas pokok TNI AD" terangnya.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->