Skip to main content

Danramil Bersama Muspika Manisrenggo Hadiri Pembukaan Pelatihan Relawan SIBAT


 

Klaten - Komandan Koramil 12 /Manisrenggo Kodim 0723/Klaten Kapten Inf Sukarman menghadiri undangan upacara pembukaan pelatihan relawan siaga bencana berbasis masyarakat (SIBAT) di gedung serbaguna Setyo manggolo Desa Kecemen Kec. Manisrenggo Kab. Klaten. (30/11/2022)

 

Turut hadir dalam kegiatan, Sekda Kab Klaten Jajang Prihono SStp.Msi, Ketua PMI Kab. Klaten Drs H. Purwanto Anggoro Cipto.Msi. Ketua BPBD Kab Klaten. Sri Winarto, Camat Manisrenggo Raharjo Budi Setiyono S. Sos., Kapolsek Mro. Diwakili Aipda Yonis, Kepala Puskesmas Manisrenggo dr. Sri lestari, Kepala Desa se Kec. Manisrenggo, Relawan Se Kec. Manisrenggo.

 

Dalam kesempatan tersebut, Danramil Kapten Inf Sukarman menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan ini diharapkan Relawan mampu meningkatkan kapasitas dalam rangka pencegahan dan kesiapsiagaan bencana di wilayah Manisrenggo.

 

"Tujuannya kegiatan pelatihan ini adalah untuk melatih kemampuan individu masing masing relawan dalam menghadapi potensi bencana di wilayah, serta relawan dapat digerakkan setiap waktu," ujar Kapten Inf Sukarman.

 

Di kesempatan yang sama, Camat Manisrenggo menambahkan bahwa dalam latihan kesiapsiagaan bencana diartikan sebagai bentuk latihan koordinasi, komunikasi dan evakuasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (pemerintah dan masyarakat umum).

 

"Seluruh pihak yang terlibat mensimulasikan situasi bencana sesungguhnya menggunakan skenario bencana yang dibuat mendekati atau sesuai kondisi nyata. Pelatihan kesiapsiagaan bencana ini agar meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam melaksanakan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah dibuat," pungkas Camat Manisrenggo. (Red)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->