Skip to main content

Antisipasi Hal Yang Tidak Di Inginkan, Babinsa Dampingi Nakes Laksanakan Tracing Kepada Warga



Wonogiri – TNI Polri di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah kerap mendampingi tim dari puskesmas saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif virus corona jenis baru pemicu Covid-19. Peran itu diemban para Babinsa Dan Bhabinkamtibmas.

Tracing contact menjadi hal wajib bagi Satgas Penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona. Selama ini, tim dari puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri untuk melacang daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

Sayangnya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak. Oleh sebab itu, DKK Wonogiri merasa perlu untuk melibatkan aparat TNI dan Polisi dalam kegiatan tracing contact.

Aparat ini bisa membantu bidan desa dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. "Yang lakukan tracing dari tim puskesmas dengan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas terang Danramil 19/Purwantoro Kpt Inf Hengki Nurchayadi, Rabu (4/8/2021).

Berkat pendekatan tracing contact Covid-19 dari petugas kesehatan dari puskesmas dan didampingi babinsa dan bhabinkamtibmas, warga akhirnya mau mengikuti swab atau rapid antigen. "Persentase yang menolak [menjalani swab atau rapid antigen] sedikit," ucapnya. (Pendim 0728/Wng)
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->