Skip to main content

Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Klaten

Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Klaten

 


Klaten - Bertempat di Lapangan Halaman Pendopo Kabupaten Klaten, telah berlangsung Apel Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2021 Kabupaten Klaten, sebagai Pembina Apel Hj Sri Mulyani (Bupati Klaten), yang dihadiri kurang lebih 100 orang.

 

Selain Hj. Sri Mulyani Bupati Klaten, tampak hadir pula AKBP Eko Prasetyo, S.H, S.IK, M.H Kapolres Klaten, Kapten Inf Sunarta Pasi OPS Kodim 0723/Klaten, Letda Inf Hendy Dodiklapur Rindam 4/Diponegoro dan juga Dr. Cahyono Widodo M.Kes Kepala Dinas Kesehatan Kab. Klaten.

 

Selain itu juga hadir, Supriyono, S.Sos Kepala Dinas Perhubungan Klaten, Poniman, SH Kabid Penegakan Perda/Perbup Sat Pol PP Klaten,  Sudarsana Kemenag Klaten dan  Ali Surahmat Diskominfo Kab. Klaten.

 

Peserta apel terdiri dari TNI dari Kodim 0723/Klaten, Polres Klaten, Satpol PP, PMI, Damkar, Dishub dan BPBD serta Orari.

 

Menurut Hj Srimulaynai kesiap siagaan ini bukan hanya pada kegiatan seremonial belaka, tetapi yang lebih penting, semua jajaran aparat birokrasi di Kabupaten Klaten, baik Pemerintah Daerah, TNI, POLRI maupun masyarakat selalu siap dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan apabila terjadi bencana.

 

" Kita semua menyadari bahwa, bencana alam tidak dapat dicegah. Tetapi yang lebih penting adalah, bagaimana upaya kita semua untuk dapat meminimalisir dampak yang kemungkinan terjadi, akibat bencana tersebut atau yang biasa disebut dengan mitigasi bencana, " kata Bupati Klaten.

 

Apel dalam rangka mengantisipasi dampak dari bencana alam yang mungkin akan terjadi. Sedangkan tujuan diadakannya apel ini adalah untuk membangun sinergi serta mengkonsolidasikan Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana di Kabupaten Klaten, sehingga dengan kegiatan ini diharapkan, Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana mempunyai langkah tindak lanjut yang sama dan selalu terkoordinir dengan baik dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan.

 

Pada kesempatan tersebut Bupati juga menginstruksikan kepada seluruh camat agar senantiasa memonitor perkembangan debit air di sungai – sungai besar yang berada diwilayah kerjanya masing-masing. Para camat juga dinas terkait agar senantiasa siaga dan tanggap darurat bencana.

 

Menghadapi situasi ini semua komponen masyarakat agar bahu membahu mengatasinya. Utamakan penyelamatan masyarakat. Ringankan beban mereka yang terkena bencana. Kesigapan para camat dan seluruh aparat sangat menentukan keselamatan warga dari berbagai kemungkinan bencana lebih besar lagi.

 

Usai melaksanakan apel kesiapsiagaan acara dilanjutkan dengan Simulasi dan peninjauan Peralatan kebencanaan oleh Bupati Klaten. (Red)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->