Skip to main content

Kodim Sragen - Babinsa Ngembat padas : Waspada DBD di Masa Pandemi, Lakukan Pencegahan Ini

Babinsa Ngembat padas : Waspada DBD di Masa Pandemi, Lakukan Pencegahan Ini



Di tengah masa pandemi, kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat hingga kini Sertu Ngadiyanto Babinsa Kel. Ngembat padas melaksanakan giat komsos dengan Bpk.Budi Riyanto Dk.Sidomulyo RT.01, Kamis ( 11/11/2021 ).

"Di tengah pandemi COVID-19, kita juga harus menekan angka penyakit DBD. Kita harus tetap bergerak, memantau nyamuk baik secara mandiri, bersama-sama, maupun bekerja sama dengan pemerintah," ujar Sertu Ngadiyanto.

Ia meminta warga untuk menjaga kebersihan lingkungan secara rutin satu bulan sekali. Sekarang kita mulai produktif kembali, maka, mari perhatikan saluran air, tempat nyamuk bertelur, dan tempat-tempat dengan reservoir air," ujarnya.

Nyamuk aedes aegypti lebih senang bersarang di air yang bersih yang dibiarkan tergenang. Ngadiyanto menyampaikah langkah pencegahan dengan melakukan 3M, yakni menguras penampungan air bersih atau mengeringkan genangan air, menutup kolam atau wadah penampungan air dan mengubur barang bekas atau mendaur ulang limbah bekas agar tidak menjadi sarang nyamuk. 

Langkah lain yang praktis yaitu jangan menggantung pakaian bekas pakai yang berpotensi menjadi tempat bersembunyi nyamuk DBD di dalam rumah.  "Nah, kebiasaan baru yang mengharuskan kita untuk membersihkan diri setelah sampai di rumah, sekaligus memastikan pakaian yang kita pakai setelah aktivitas langsung dicuci. Sejalan dengan pesan pemerintah untuk memberantas COVID-19, sekaligus dapat mencegah DBD," ujarnya.



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->