Skip to main content

Balita Sehat, Babinsa Wonosari Dampingi Penyuntikan Imunisasi DPT


Klaten - Sertu Mulyanto Babinsa Desa Kingkang Koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten melaksanakan kegiatan Pendampingan pelaksanaan imunisasi DPT untuk anak bayi umur 3 bulan di Posyandu Mawar Desa Kingkang Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten, (29/5/2022)

Kegiatan Posyandu yang dilakukan Bidan Desa Kingkang l Eny Rosita bersama Kader posyandu Mawar bertujuan untuk mewujudkan generasi yang tumbuh dengan sehat dan memberikan kekebalan tubuh pada si bayi. 

Sertu Mulyanto menjelaskan bahwa mewabahnya penyakit difteri yang menular dan bahaya ini, maka orang tua harus lebih berhati-hati dalam menjaga buah hatinya terhadap penyakit yang disebabkan oleh kuman Corynebacterium diphtheriae banyak menyerang balita. 

"Orang Tua setidaknya harus mengenal gejala, penyebab, dan pencegahan penyakit difteri ini. Difteri ini menyerang selaput lendir pada hidung serta tenggorokan dan terkadang dapat mempengaruhi kulit. Penyakit ini harus diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi," ungkap Babinsa. 

Lanjut ungkapnya, Salah satunya dengan vaksin merupakan langkah pencegahan paling efektif untuk penyakit tersebut. Pencegahan difteri tergabung dalam vaksin DPT. Vaksin ini meliputi difteri, tetanus, dan pertusis atau batuk rejan.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa menghimbau kepada orang tua bahwa vaksin tersebut umumnya dapat melindungi anak/Balita terhadap difteri seumur hidupnya. Tetapi vaksinasi ini dapat diberikan kembali pada saat anak memasuki masa remaja atau tepatnya saat berusia 11-18 tahun untuk memaksimalisasi keefektifannya. Penderita difteri yang sudah sembuh juga disarankan untuk menerima vaksin karena tetap memiliki risiko untuk kembali tertular penyakit yang sama.

"Mari kita menjaga dan selalu mencintai buah hati kita agar terhindar dari penyakit difteri ini, karena 1 (satu) penyakit bisa menimbulkan dampak besar bagi kita," himbau Sertu Mulyanto (Red) 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->