Skip to main content

Tingkatkan Silahturahmi Dengan Tokoh Agama,Babinsa Wonosari Hadiri Pengajian DiwilayahBinaan

Tingkatkan Silahturahmi Dengan Tokoh Agama,Babinsa Wonosari Hadiri Pengajian Diwilayah Binaan

 


Klaten  - Kopda Agista N Babinsa Desa Ngreden koramil 22 Wonosari Kodim 0723 Klaten Melaksanakan Komsos dengan  Menghadiri Undangan Pengajian Haul Ki Ageng Parwito ke 311 di Masjid Syafaul qulub Di Dukuh Ngreden RT 13 RW 4 Desa Ngreden Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten,(18/3/2022)

 

Turut hadir dalam pengajian tersebut Pembicara Pengajian Habib syech bin muh al hadad, Sunarto kades ds.ngreden,  Doni Kades ds.Duwet, Kopda Agista.N Babinsa, Bripka Andrie babhinkamtibmas dan Sucipto ketua Panitia Pengajian.

 

Dalam Pengajian Haul Ki Ageng Parwito ke 311 tersebut dengan Pembicara  Habib Syech bin Muh al hadad dari Surakarta dengan Tema dengan "Ukhuwah Islamiyah kita Tingkatkan Kerukunan Umat Beragama"

 

Babinsa menyampaikan bahwa pengajian ini diadakan setiap tahun sekali, dalam Pengajian Tersebut merupakan pengajian memperingati Haul daripada Ki Ageng Parwito ke 311.

 

Bahwa Ki ageng parwito yg di percaya warga setempat dan tokoh masyarakat Desa Ngreden,Ki Ageng Parwito merupakan panglima perang kerajaan Pajang adik dari Sultan Trenggono yang bergelar Syech Alam Akbar ke 3 dari  Kerajaan Demak.

 

Menurut Cerita dari sesepuh Desa Ngreden bahwa dl Ki Ageng Perwita melaksanakan Tapa Brata dengan cara Topo Pendem (Bertapa dengan cara dikubur). Sebelum bertapa ada salah satu orang diberikan mandat untuk menjaga tali dari atas kubur dan  menghubungkan dengan Ki Ageng Perwito yang berada dalam kubur yang sedang bertapa.

 

Setiap hari ,1 orang tersebut menarik tali memberikan kode apakah Ki Ageng Parwito masih hidup apa tidak,setelah hari ke 7 tali ditarik tidak ada jawaban, kemudian 1 orang  membongkar kuburan tersebut dan setelah dibongkar Ki Ageng Parwito tidak ada didalam kuburan(Muspro), Jadi sampai sekarang diperingati Haul tersebut.

 

Dalam kesempatan tersebut selaku Babinsa juga meberikan Himbauan kepada jamaah pengajian agar tetap patuhi Protokol Kesehatan guna mencegah penyebaran Covid 19.

 

Sunarto SH Selaku Kades Ngreden menyampaikan ucapan terimakasih kepada Babinsa Wonosari dan Babhinkamtibmas yang telah mengamankan pengajian dalam rangka Haul Ki Ageng Parwito ke 311 sehingga kegiatan dapat berjalan aman dan tertib sesuai Prokes. (Red)

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->